Dampak Keterampilan Guru Pendidik Agama Kristen Terhadap Motivasi Belajar Siswa

Anita Grays Pantow, Ribka Ester Legi

Abstract


Abstrak: Kajian ini menguraikan secara spesifik mengenai dampak ketrampilan guru Pendidik Agama Kristen dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Topik ini diangkat kara data faktual yang diterima peneliti, masih banyak ditemui para siswa dalam sebuah institusi motivasi belajar belum sepenuhnya antusias. Hal ini bisa disebabkan kurang terampilnya pendidik dalam mengajar. Tulisan ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Prosedur penelitian ini dilakukan dengan cara mengumpulkan data-data tentang dampak keterampilan guru PAK. Hasil uraian topik ini mengemukakan bahwa sebagai pengajar, guru dituntut untuk memiliki kecakapan dalam mengembangkan keterampilan mengajar. Adapun wujud dari ketrampilan pengajar itu mampu memahami isi Alkitab dengan baik dan benar, pengajar PAK mampu menjembatani persoalan dengan Alkitab. Kemudian pengajar PAK dapat membimbing dan mendampingi peserta didik, serta  pengajar PAK hendaknya memahami dan menetapkan tujuan pengajaran yang diajarkan kepada nara-didik . Dengan ketrampilannya sebagai pendidik, motivasi nara-didik akan tercipta karena guru menjadi role model mereka untuk meningkatkan intensitas belajar.

Abstract: This study outlines the specifics of the impact of Christian Educator teacher skills in improving students' learning motivation.This topic is raised kara factual data received by researchers, there are still many students in a learning motivation institution not yet fully enthusiastic.This can be due to the lack of skilled educators in teaching.This paper uses qualitative methods with a descriptive approach.This research procedure is carried out by collecting data on the impact of PAK teachers' skills.The results of this topic description suggest that as teachers, teachers are required to have proficiency in developing teaching skills.As for the form of the teaching skills, it is able to understand the contents of the Bible properly and correctly, PAK teachers are able to bridge the problem with the Bible. Then PAK teachers can guide and accompany learners, and PAK teachers should understand and set the teaching objectives taught to learners. With his skills as an educator, the motivation of learners will be created because teachers become their role models to increase the intensity of learning.

Keywords


Keterampilan Mengajar, Guru, Murid

Full Text:

PDF

References


ARIANTI, ARIANTI. “Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.” Didaktika: Jurnal Kependidikan 12, no. 2 (2019): 117–134.

Arifianto, Yonatan Alex. “Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Pendidikan Etis-Teologis Mengatasi Dekadensi Moral Di Tengah Era Disrupsi.” REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 6, no. 1 (2021): 45–59.

Boiliu, Noh Ibrahim. “Misi Pendidikan Agama Kristen Dan Problem Moralitas Anak.” Jurnal Pendidikan Agama Kristen (Regula Fidei) 1, no. 1 (2016): 115–140.

Hutapea, Rinto Hasiholan. “Meneropong Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Kristen Sebagai Model Perilaku Peserta Didik.” Veritas Lux Mea (Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen) 1, no. 2 (2019): 66–75.

Idzhar, Ahmad. “Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.” Jurnal office 2, no. 2 (2016): 221–228.

Juhji, Juhji. “Peran Urgen Guru Dalam Pendidikan.” Studia Didaktika 10, no. 01 (2016): 51–62.

KBBI. “Arti Kata Belajar - Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Daring.” Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia, 2018.

Lase, Delipiter, and Etty Destinawati Hulu. “Dimensi Spritualitas Dalam Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Kristen.” SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora dan Kebudayaan 13, no. 1 (2020): 13–25.

Mansyuri, M Zainuddin. “Metode Penelitian: Pendekatan Praktis Dan Aflikatif Edisi Revisi.” Bandung. Refika Aditama (2011).

Naibaho, Dorlan. “Peranan Guru Sebagai Fasilitator Dalam Perkembangan Peserta Didik.” Jurnal Christian Humaniora 2, no. 1 (2018): 77–86.

Putriaty, Sri Sukmi. “Lokakarya Yang Ditindaklanjuti Dengan Supervisi Akademik Diupayakan Untuk Meningkatkan Kemampuan Guru Bertindak Sebagai Evaluator, Motivator Dan Fasilitator Dalam Proses Pembelajaran Di Smpn 3 Sijuk Pada Semester 2 Tahun Pelajaran 2018/2019.” Daiwi Widya 6, no. 3 (2019).

Rifai, Rifai. “Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Kristen Materi Pembelajaran Sakramen Perjamuan Kudus VIII SMP Negeri 17 Surakarta, Tahun 2015/2016.” DUNAMIS: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani 1, no. 2 (2017): 171–191.

Roqib, Mohammad, and Nurfuadi Nurfuadi. “Kepribadian Guru.” CV. Cinta Buku, 2020.

Safitri, Dewi, S Sos, and others. Menjadi Guru Profesional. PT. Indragiri Dot Com, 2019.

Sagala, Junaydi Alexander. “Kualifikasi Kepribadian Guru Agama Kristen.” In Seminar Nasional Pendidikan Agama Kristen Dan Call for Papers, 2017.

Setiyowati, Ester Putri, and Yonatan Alex Arifianto. “Hubungan Kompetensi Pedagogik Guru Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan.” SIKIP Jurnal Pendidikan Agama Kristen 1, no. 2 (2020): 78–95.

Sidjabat, B Samuel. “Menjadi Guru Profesional Sebuah Perspektif Kristiani.” Jabar: IKAPIR (2000).

Simbolon, Naeklan. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Peserta Didik.” Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed 1, no. 2 (2014).

Sumiati, Sumiati, Steaven Octavianus, and Reni Triposa. “Aplikasi Teori Kecerdasan Majemuk Pada Mata Pelajaran PAK Di Sekolah Inklusi.” CHARISTHEO: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 1, no. 1 (2021): 102–121.

Sumiati, Sumiati, and Reni Triposa. “Prinsip Guru Pendidikan Agama Kristen Memotivasi Belajar Peserta Didik Dalam Perspektif Alkitab.” Harati: Jurnal Pendidikan Kristen 1, no. 1 (2021): 69–84.

Suparti, Hana, and Ezra Tari. “Etos Kerja Profesional Guru Pendidikan Agama Kristen.” REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 4, no. 2 (2019): 137–146.

Syaparuddin, Syaparuddin, Meldianus Meldianus, and Elihami Elihami. “Strategi Pembelajaran Aktif Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pkn Peserta Didik.” Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 1, no. 1 (2020): 30–41.

Tafona’o, Talizaro. “Kepribadian Guru Kristen Dalam Perspektif 1 Timotius 4: 11-16.” Evangelikal: Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat 3 (2019): 62–81.

Telaumbanua, Arozatulo. “Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membentuk Karakter Siswa.” FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika (2018).

Turangan, Danny Jonatan. “Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Kristen Berpengaruh Pada Motivasi Belajar Siswa Di Sd Gmim Ii Madidir Ure Kota Bitung.” APOLONIUS: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 2, no. 1 (2021): 1–20.

Winarno, Surakhmad. “Pengantar Penelitian Ilmiah.” Bandung: Tarsito (1994).

Yulianingsih, Dwiati, Lumban Gaol, and Stefanus Marbun. “Keterampilan Guru PAK Untuk Meningkatkan Minat Belajar Murid Dalam Proses Pembelajaran Di Kelas.” FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika 2, no. 1 (2019): 100–119.




DOI: https://doi.org/10.53674/teleios.v1i2.39

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 TELEIOS: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Address: Jl. Aer Terang No.4, Lingkungan VI, Malalayang Satu Timur, Kec. Malalayang, Kota Manado, Sulawesi Utara

Email: teleios@stttransformasi-indonesia.ac.id


Lisensi Creative Commons
Teleios Journal are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Slot gacor 88