Metode Picture and Picture dalam Meningkatkan Antusiasme Anak Sekolah Minggu dalam Mendengarkan Firman Tuhan
Abstract
Abstract: The basis of this writing is unraveled because factually there are still many in the church, children's interest and enthusiasm when hearing the story of God's word is still lacking. This paper aims to find out the increase in the enthusiasm of middle-level Sunday school children in listening to God’s word through the picture and pictures method. Based on the results of field observations, it is know that the enthusiasm of children in listeningto the word does not meet good standards. In thelearning proses in Sunday School, especially in the middle class, Sunday school teacgers still use the methodteacing that is less interesting, makes children bored so they pay less attention to teaching. This study used clasroomaction research with 20 children as a sample. Two cycles with four stages used starting with action planning, action implementation, observation and reflection. Research results so that the enthusiasm of children in listening to the word of God is further increased using the Picture and Picture method. The use of this method also encourages a variety of methods used by teachers, while also creating increased interest and enthusiasm for Sunday school children.
Abstrak: Dasariah tulisan ini terurai karena secara faktual masih banyak ditemukan di dalam gereja, minat dan antusiasme anak-anak ketika mendengar cerita firman Tuhan masih kurang. Tulisan ini dibuat untuk mencari tahu peningkatan antusiasme anak sekolah minggu jenjang madya dalam mendengarkan firman Tuhan lewat metode Picture and Picture. Berdasarkan hasil observasi di lapangan, diketahui bahwa antusiasme anak dalam mendengarkan firman Tuhan belum memenuhi standar yang baik. Dalam mengajar di sekolah Minggu khususnya di kelas tengah, guru masih menggunakan metode pengajaran yang kurang menarik, sehingga membuat anak jenuh dan kurang memperhatikan pengajaran. PTK digunakan dalam penelitian ini dengan sampel 20 anak. Ada empat tahapan dari kedua Siklus yang digunakan yaitu 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) observasi dan 4) refleksi. Hasilnya memperlihatkan bahwa dengan menggunakan metode picture and picture membuat semangat anak dalam mendengarkan firman Tuhan lebih meningkat. Penggunaan metode ini juga sekaligus mendorong beragamnya metode yang digunakan guru, sekaligus juga menciptakan minat dan anutisme anak sekolah minggu bertambah
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A. Arbangi. Manajemen Mutu Pendidikan. Prenada Media, 2016.
Ahmad Darlis. “Hakekat Pendidikan Islam ''Telaah Antara Hubungan Pendidikan Formal, Non-Formal Dan In-Formal".” Jurnal Tarbiyah Vol.24, no. 1 (2017).
Arbangi. ' ’ Manajemen Mutu Pendidikan". Prenada Media, 2016.
Arfani, Laili. “Mengurai Hakikat Pendidikan, Belajar Dan Pembelajaran.” Pelita Bangsa Pelestari Pancasila 11, no. 2 (2018).
Arikunto, Suharsimi. ' ’ Penelitian Tindakan Kelas". Jakarta: Bumi Aksara, 2009.
Darmawan, I Putu Ayub, and Diana Kristanti. “Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture Dalam Pembelajaran Di Sekolah Minggu.” REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 5, no. 1 (2020): 1–12. http://christianeducation.id/e-journal/index.php/regulafidei/article/view/38.
Dermawan, I. Putu Ayub. “''Dasar-Dasar Mengajar Sekolah Mingguh"” vol.1, no. 1 (2015).
Dewantara, Jagad Aditya, and T Heru Nurgiansah. “Peningkatan Keaktifan Belajar Melalui Penerapan Model Picture And Picture Dalam Pembelajaran PPKn Di Sekolah Dasar.” Jurnal Publikasi Pendidikan 11, no. 3 (2021): 234–241. https://ojs.unm.ac.id/pubpend/article/view/18267.
Hidayat, Isnu. ''50 Strategi Pembelajaran Modern". Yokyakarta: DIVA PRESS, 2019.
I. Putu Ayub Darmawan, dkk. ““ Implementasi PAK Konteks Gereja Di GKII Tandung, Semarang".” Jurnal Teologi Kristen Vol.1, no. 1 (2019).
I Putu Ayub Darmawan. Menjadi Guru Terampil. Bandung: Kalam Hidup, 2014.
Julita Mamangkey, dkk. ““Aplikasi E-Visual Aid Sekolah Minggu Berbasis Android".” Jurnal Teknik Informatika vol.2, no. 2 (2013).
Mamangkey, Julita, Alicia Sinsuw, Stanley Karouw, and Nancy Tuturoong. “Aplikasi E-Visual Aid Sekolah Minggu Berbasis Android.” Jurnal Teknik Informatika 2, no. 2 (November 29, 2013). https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/informatika/article/view/2113.
Math, Huda. ' ’ Model-Model Pembelajaran Isu-Isu Metodis Dan Paradigmatis". Yokyakarta: Pustaka Belajar, 2013.
Panuntun, Daniel Fajar, Rinaldus Tanduklangi, Merry Adeng, and Christian Eleyazar Randalele. “Model Ibadah Sekolah Minggu Kreatif-Interaktif Bagi Generasi Alfa Di Gereja Toraja.” BIA’: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Kontekstual 2, no. 2 (December 30, 2019): 193–208. http://www.jurnalbia.com/index.php/bia/article/view/113.
Pattinama, Yenni Anita. ““Peran Sekolah Minggu Dalam Pertumbuhan Gereja".” Jurnal Scripta Teologi vol.4, no. 2 (2019).
Rahayu. “Penerapan Metode Pembelajaran Picture and Picture Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas XI IPA 3 SMAN 6 Surakarta Pada Pembelajaran Biologi Tahun Ajaran 2009/2010.(Skripsi). Surakarta : FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta” (2010).
Rahmat Fausi dan Sri Dwiastuti. “Penerapan Metode Pembelajaran Picture and Picture Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Biologi Siwa.” Jurnal Pendidikan Bologi Vol.3, no. No.3 (2011).
Riniwati. “Bentuk Dan Strategi Pembinaan Warga Jemaat Dewasa” (2016).
Riniwati, R. “Pembinaan Guru Sekolah Minggu Untuk Mengajarkan Konsep Keselamatan Pada Anak.” Evangelikal: Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat 4, no. 2 (2020): 186–194. https://journal.sttsimpson.ac.id/index.php/EJTI/article/view/247.
Rohayani, Hani. “Model Mengajarkan Cerita Alkitab Kepada Anak Sekolah Minggu Usia 6-9 Tahun.” CHARISTHEO: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen (2023).
Sitorus, Hisardo. “Analisis Pengembangan Variasi Mengajar Guru Sekolah Minggu.” Jurnal Christian Humaniora (2020).
Stefani, Kesia Yemima dan Sarah. ““Khotbah Eksposisi Narasi Yang Kreatif Dan Kontekstual Bagi Anak Generasi Z Usia 5-6 Tahun".” Jurnal Gamaliel: Teologi Praktika vol.1, no. 2 (2019).
Supriyadi, Daniel. “Implementasi Best Practice Dalam Pendidikan Agama Kristen Di Sekolah Minggu.” Jurnal Pendidikan Agama Kristen (JUPAK) (2021).
Yulianingsih, Dwiati. “Upaya Guru Sekolah Minggu Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Alkitab Di Kelas Sekolah Minggu.” Fidei: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika (2020).
Zaluchu, Sonny Eli. “Metode Penelitian Di Dalam Manuskrip Jurnal Ilmiah Keagamaan.” Jurnal Teologi Berita Hidup 3, no. 2 (2021): 249–266.
DOI: https://doi.org/10.53674/teleios.v3i1.57
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Ferry J N Sumual, Eka Pasolang, Rinawaty Widjaja
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Email: jurnalteleios@gmail.com
Jl. Aer Terang No.4, Lingkungan VI, Malalayang Satu Timur, Kec. Malalayang, Kota Manado, Sulawesi Utara
Teleios Jurnal are licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International