Pengaruh Mentoring terhadap Identitas Diri Remaja Peserta Program Future Center Yayasan PESAT Cluster Kalimantan Barat
Abstract
Abstract: Mentoring is a process of trusting relationships in which the process of guidance, emotional support, goal achievement support, training, and teaching are included. This study aims to describe: adolescent self-identity, the mentoring process, and how strong the influence of mentoring on the development of adolescent self-identity. The study was conducted on 52 adolescents in the category of junior high school students participating in the Future Center program of the PESAT Foundation in the West Kalimantan cluster. The research method used is the quantitative research method. Data collection using questionnaires. The results of the first hypothesis research obtained a Lower Bound Interval confidence value of 58.32 and an Upper Bound Interval confidence value of 63.38, or the influence of mentoring in the strong category. The results of the second hypothesis test obtained a Lower Bound Interval confidence value of 40.27 and an Upper Bound Interval confidence value of 43.38, or it can be concluded that the self-identity of adolescents in the category is sufficient. The third hypothesis test obtained an r-value of 0.664 or in the strong category. Based on the results of the correlation coefficient, mentoring has a strong effect on adolescent self-identity. In the Model Summary table for R square (R²) of 0.441, which is then in percentage to 44.1%. This means that the percentage of the contribution of mentoring influence on the self-identity of adolescents participating in the Future Center program of the PESAT Foundation West Kalimantan cluster in the category of junior high school students is 44.1% and 55.9% is influenced by other variables. Mentoring has an important role in building adolescent identity. Therefore, it is necessary to equip mentors with knowledge and skills to assist youth participants in the Future Center program in West Kalimantan.
Abstrak: Mentoring merupakan proses hubungan saling percaya yang di dalamnya termuat proses pembimbingan, pemberian dukungan emosional, dukungan pencapaian tujuan, pelatihan dan pengajaran. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan: identitas diri remaja, proses mentoring dan seberapa kuat pengaruh mentoring terhadap perkembangan identitas diri remaja. Penelitian dilakukan pada 52 remaja kategori pelajar SMP peserta program Future Center Yayasan PESAT di cluster Kalimantan Barat. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil penelitian hipotesis pertama diperoleh nilai convidedance Interval Lower Bound sebesar 58,32 dan nilai convidedance Interval Upper Bound sebesar 63,38, atau pengaruh mentoring pada kategori kuat. Hasil uji hipotesis kedua, diperoleh nilai convidedance Interval Lower Bound sebesar 40,27 dan nilai convidedance Interval Upper Bound sebesar 43,38, atau dapat disimpulkan bahwa identitas diri remaja pada kategori cukup. Uji hipotesis ketiga diperoleh nilai r sebesar 0,664, atau pada kategori kuat. Berdasarkan hasil koefisien korelasi maka mentoring berpengaruh kuat terhadap identitas diri remaja. Sedangkan pada tabel Model Summary untuk R square (R²) sebesar 0,441, yang kemudian di presentase menjadi 44,1%. Artinya bahwa presentase sumbangan pengaruh mentoring terhadap identitas diri remaja peserta program Future Center Yayasan PESAT cluster Kalimantan Barat kategori pelajar SMP sebesar 44,1% dan 55,9% dipengaruhi oleh variabel lain. Mentoring memiliki peran penting dalam membangun identas remaja. Oleh sebab itu, perlu memperlengkapi para mentor dengan pengetahuan dan keterampilan dalam mendampingi remaja peserta prgram Future Center di Kalimantan Barat
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Boestam, Pudjiarto. Smart Cristian Leadership. Yogyakarta: ANDI Offset, 2013.
Candra Ari Ramdhanu, Yaya Sunarya, Nurhudaya. “Faktor –Faktor Yang Mempengaruhi Identitas Diri.” Journal of Innovative Counseling: Theory, Practice & Research Volume 3 (2019).
Clinton, Paul D. Stanley & J.Robert. Mentor, Anda Perlu Mentor Dan Bersedia Menjadi Mentor. Malang: Gandum Mas, 2004.
Dupe, Selvy Iriany Susanti. “Konsep Diri Remaja Kristen Dalam Menghadapi Perubahan Zaman.” Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity (JIREH) 2, no. 1 (2020): 53–69. https://doi.org/10.37364/jireh.v2i1.26.
Gulo, Moralman, Puja Maharani Sijabat, Yuniarti Yuniarti, and Talizaro Tafonao. “Kontribusi Orangtua Dalam Mengimplementasikan Nilai-Nilai Pendidikan Agama Kristen Di Keluarga.” TELEIOS: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen 2, no. 2 (2022): 124–34. https://doi.org/10.53674/teleios.v2i2.51.
Gunawan, Virginia. “Ldentitas Kristus Krisis Ldentitas,” no. November (2016): 89–101.
Hastuti, Rahmah. Psikologi Remaja. Jakarta: ANDI (Anggota IKAPI), 2021.
Hidayah Nur, Huriati. “Krisis Identitas Diri Pada Remaja ‘Identity Crisis of Adolescences.’” Sulesana Volume 10 (2016): 49–62.
Kasiati, Rima Indah, and Frets Keriapy. “Telaah Teologis Terhadap Peran Orang Tua Dalam Menumbuhkan Kepercayaan Diri Remaja.” Jurnal Antusias 7, no. 1 (2021): 1–14.
Koehuan, Neri Astriana, Dylmoon Hidayat, and Chrissya Apitula. “Penanaman Konsep Identitas Diri Berdasarkan Iman Kristen Melalui Peranan Pendidikan Kristen.” Academy of Education Journal 13, no. 1 (2022): 63–73. https://doi.org/10.47200/aoej.v13i1.966.
Kusumastuti, Adhi, Ahmad Mustamil Khoiron, and Taofan Ali Achmadi. Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Grup Penerbit CV BUDI UTAMA, 2022.
Matondang, Sadadohape. “Memahami Identitas Diri Dalam Kristus Menurut Efesus 2:1-10.” ILLUMINATE: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani 1, no. 1 (2018): 105–24. https://doi.org/10.54024/illuminate.v1i1.2.
Napitupulu, Pieter Anggiat. “Signifikansi Mentor Dalam Membangkitkan Pemimpin Jemaat.” Jurnal Teologi Kependetaan PNEUMATIKOS 11, no. 1 (2020): 1–15. https://e-journal.stapin.ac.id/index.php/pneumatikos.
Pasaribu, Elkana Yehezkiel, and Martina Novalina. “CCM (Counseling, Communitying, Mentoring): Strategi Penggembalaan Terhadap Permasalahan Krisis Identitas Diri Pada Remaja.” CHARISTHEO: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen 3, no. 1 (2023): 85–100. https://doi.org/10.54592/jct.v3i1.140.
Priyatno, Duwi. Cara Kilat Belajar Analisa Data Dengan SPSS 20. Yogyakarta, 2012.
Pureklolon, Thomas Tokan, Christina Purwanti, and Hanna Suteja. “Pendampingan Kaum Remaja Dalam Mengembangkan Identitas Diri Dan Spiritualitas Hidup.” Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR) 4, no. 12 (2021): 738–46. https://doi.org/10.37695/pkmcsr.v4i0.1183.
Sari, Yessy Yanita. Modul Pembelajaran Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Media Sains Indonesia, 2021.
Senja, Amalia. Keperawatan Pediatri. Jakarta: Bumi Medika, 2020.
Simanjuntak, Togi. The Art Of Mentoring. Jakarta: Metanoia Publishing, 2012.
Sonny Zaluchu. Strategi Menulis Jurnal Untuk Ilmu Teologi. Edited by Sonny Eli Zaluchu. 1st ed. SEMARANG: Golden Gate Publsihing, 2020.
Tabrani, Ahmad. “Pengaruh Kepemimpinan Dan Mentoring Terhadap Motivasi Dalam Melayani.” EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership 1, no. 1 (June 9, 2020): 77–91. https://doi.org/10.47530/edulead.v1i1.23.
Warsah, Idi. “Relevansi Relasi Sosial Terhadap Motivasi Beragama Dalam Mempertahankan Identitas Keislamandi Tengah Masyarakat Multi Agama(Studi Fenomenologi Di Desa Suro Bali Kepahiang Bengkulu).” KONTEKSTUALITA Jurnal Penelitian Sosial Dan Keagamaan volume 34 (2017).
Yam, Jim Hoy, and Ruhiyat Taufik. “Hipotesis Penelitian Kuantitatif.” Perspektif : Jurnal Ilmu Administrasi 3, no. 2 (2021): 96–102. https://doi.org/10.33592/perspektif.v3i2.1540.
Z, Neni Elvira, and Zadrian Ardi. “Konseling Individu Dengan Pendekatan Person Centered Abstrak Tujuan Dari Penelitian Ini Yaitu Untuk Menganalisis Identitas Diri Dengan Memanfaatkan Pendekatan Person Centered Therapi Dengan Konseling Individu . Metode Penelitian Yang Digunakan Dalam Penel,” no. 2001 (2014): 287–92.
DOI: https://doi.org/10.53674/teleios.v3i2.66
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Irna Ireni Tasuab, Santosa Santosa, Ahmad Tabrani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Email: jurnalteleios@gmail.com
Jl. Aer Terang No.4, Lingkungan VI, Malalayang Satu Timur, Kec. Malalayang, Kota Manado, Sulawesi Utara
Teleios Jurnal are licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International