Pemanfaatan Media Digital dalam Pelayanan Gerejawi

Ricky Joyke Ondang, Samuel Rafly Kalangi

Abstract


Abstract: The use of digital media in ministry can not only be a facility, but can also be a big challenge for the church. Responding to this reality, it is felt that the church needs to show a more optimistic attitude as a real effort to improve the quality and achievements of church services. This research aims to describe and analyze the use of digital media in congregations. The method used by the author in conducting research is a descriptive qualitative research method, which is carried out through library research. By making literature study a target in writing, the author tries to provide awareness and optimism in seeing the progress of media in the world and the church as an opportunity, not just a threat. The results of the research and discussion provide input to the Pastoral Congregation regarding what things need to be addressed or improved in order to optimize the unstoppable use of digital media to support ecclesiastical services.

 

Abstrak: Pemanfaatan media digital dalam pelayanan selain dapat menjadi fasilitas, namun juga sekaligus dapat menjadi sebuah tantangan besar bagi gereja. Menyikapi kenyataan tersebut, gereja dirasa perlu menunjukkan sikap yang lebih optimis sebagai upaya nyata peningkatan mutu dan capaian pelayanan gereja. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan serta menganalisis dari pemanfaatan media digital di jemaat. Metode yang digunakan penulis dalam melakukan penelitian adalah metode penelitian kualitatif deskriptif yakni dilakukan melalui penelitian pustaka. Dengan menjadikan studi literature sebagai sasaran dalam penulisan, dimana penulis berusaha memberikan sebuah awareness dan optimisme dalam melihat kemajuan media di dunia dan gereja merupakan sebuah peluang bukan sekedar ancaman. Hasil penelitian dan pembahasan memberi input kepada Gembala jemaat mengenai hal-hal apa yang harus dibenahi atau ditingkatkan untuk dapat mengoptimalkan pemanfaatan media digital yang tak terbendung itu agar mendukung pelayanan gerejawi.

Keywords


Digital media, Pastor, Ecclesiastical Ministry

Full Text:

PDF

References


Afandi, Y. Gereja Dan Pengaruh Teknologi Informasi ‘Digital Ecclesiology.’. FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika, 1(2), 270-283. 2018

Ana Kuswanti, Journal of Extension and Development 1, no. 1, Juni 2019, Hal.47–55

Durkheim, E. The Elementary Forms of The Religius Life. IRCISOD. 1915

Dwiraharjo, S. Konstruksi Teologis Gereja Digital: Sebuah Refleksi Biblis Ibadah Online Di Masa Pandemi Covid-19. EPIGRAPHE: Jurnal Teologi dan Pelayanan Kristiani, 4(1), 1-17. 2020

Evangelii Nuntiandi, No. 45. Departemen Dokumentasi dan Penerangan KWI. 1975

Firda Abraham, Jurnal Penelitian Pers dan Komunikasi Pembangunan, no. 2. Oktober. 2014

Flew Terry, New Media An Introduction (3rd Edition), South Melbourne : Oxford Univesity Express. 2008

Frank, J. Hukum dan Pemikiran Modern. Nuansa Cendekia. 2023

Legi, H. Moral, Karakter Dan Disiplin Dalam Pendidikan Agama Kristen. Edu Publisher. 2022

Lukiati Komala Elvinaro Ardianto, ‘Komunikasi Massa’ kini Suatu Pengantar Jakarta: 2004

Martasudjita, E. Sakramen-Sakramen Gereja: Tinjauan Teologis, Liturgis, dan Pastoral. PT Kanisius. 2003

Maxwell, JC. 360 Degree Leaders: Developing Influence. 2005

Monica and Deborah, Computers in Human Behavior, no. 3. 2007

Oviliani Yenty, Jurnal Akuntansi & Keuangan 2, no.1. 2000

Purwatma, intheosTheos: Jurnal Pendidikan Agama dan Teologi, 2(5) 2022. Hal 164–170). Diakses 10 Agustus 2023

Rerung, A. Pemuridan Kontekstual Bagi Pertumbuhan Iman Kristen Dalam Perkembangan Teknologi Dan Masa Transisi. 2020

Saggaf, S., Said, M. M., & Saggaf, W. S. Reformasi Pelayanan Publik di Negara Berkembang (Vol. 1). SAH MEDIA. 2018

Sitepu, M. F. Komunikasi Persuasif Di Media Sosial Instagram: Studi Deskriptif Kualitatif Komunikasi Persuasif Instagram@ Haus! Dalam Mempromosikan Produk Kepada Khalayak Melalui Media Sosial (Doctoral dissertation, Universitas Mercu Buana Yogyakarta). 2023

Soetarman, S. P., Sairin, W., & Rakhmat, I. Fundamentalisme, agama-agama, dan teknologi. BPK Gunung Mulia.

Stetzer, E. D. (3). Ways Technology Enables the Mission of the Church. Christianity Today.

Sugiyono. Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA. 2019

Wahono, S. Wismoady. Di Sini Ku Temukan. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2001.

Wau, H. Gereja Pasca Covid-19. Penerbit Andi. 2020

White, J. F. Pengantar Ibadah Kristen. BPK Gunung Mulia. 2011

Widodo, Y. Media Digital dan Agama di Masa Pandemi. Media Indonesia. https://mediaindonesia.com/opini/332670/media-digital-dan-agama-di-masa-pandemi.html. 2020




DOI: https://doi.org/10.53674/teleios.v3i1.79

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ricky Joyke Ondang, Samuel Rafly Kalangi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

mandiri88

slot Darma88 deposit pulsa indosat

Email: jurnalteleios@gmail.com

Jl. Aer Terang No.4, Lingkungan VI, Malalayang Satu Timur, Kec. Malalayang, Kota Manado, Sulawesi Utara

Creative Commons License
Teleios Jurnal are licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International