Implementasi Kode Etik Guru PAK dan Pengaruhnya terhadap Budaya Kerja di Lingkungan Kota Sentani Jayapura - Papua

Markus S Gainau, Yolanti Wise Pentury

Abstract


Abstract: The Code of Ethics for Christian Religious Education (PAK) serves as a guideline that directs efforts to create a work culture in alignment with the will of God. This research aims to elaborate the ethical code applied by PAK teachers and its impact on the work culture in the Sentani City environment. The methodology employed in this study was a qualitative descriptive approach. Data collection was conducted by recording interviews with 12 PAK teachers in Sentani City and through observations at two Christian schools in the city, namely, Pengharapan Elementary School and Kononia Christian High School. The collected data was then processed using transcription techniques, where spoken text was transformed into written form. The subsequent process involved reduction, wherein relevant text was retained while irrelevant portions were discarded. The results of this reduction were then indexed and presented as data for analysis. The findings of this research indicate that the implementation of the ethical code has an impact on the work culture, encompassing values of integrity, professionalism, responsibility, and exemplary behavior. However, the culture of innovation remains underdeveloped among PAK teachers, primarily due to slow adaptation to information and communication technology. This has the potential to affect the competence and professional development of teachers.

Abstrak: Kode Etik Pendidikan Agama Kristen (PAK) berfungsi sebagai pedoman yang mengarahkan dalam upaya menciptakan budaya kerja yang sesuai dengan kehendak Tuhan. Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan kode etik yang diterapkan oleh guru-guru PAK dan dampaknya terhadap budaya kerja di lingkungan Kota Sentani. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan merekam wawancara dengan 12 guru PAK di Kota Sentani serta melakukan observasi di dua sekolah Kristen di kota tersebut, yaitu Sekolah Dasar Pengharapan dan SMA Kristen Kononia. Data yang terkumpul kemudian diproses dengan teknik transkripsi, di mana teks lisan diubah menjadi bentuk tertulis. Proses selanjutnya adalah reduksi, di mana teks yang relevan dipertahankan sedangkan yang tidak relevan dibuang. Hasil dari reduksi ini kemudian diindeks dan disajikan sebagai data yang akan dianalisis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi kode etik berdampak pada budaya kerja yang mencakup nilai-nilai integritas, profesionalisme, tanggung jawab, dan keteladanan. Namun, budaya inovasi menjadi aspek yang kurang berkembang di kalangan guru PAK, terutama karena adaptasi terhadap teknologi informasi dan komunikasi yang berjalan lambat. Hal ini berpotensi memengaruhi kompetensi dan pengembangan kompetensi para guru


Keywords


Implementation, Code of Ethics, PAK Teachers, Work Culture.

Full Text:

PDF

References


Anugraheni, Indri. “Faktor-Faktor Kesulitan Guru Sekolah Dasar Dalam Penulisan Karya Ilmiah.” Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD) 9, no. 1 (2021): 59–65.

Ayu, Putu Eka Sastrika. “Keterampilan Belajar Dan Berinovasi Abad 21 Pada Era Revolusi Industri 4.0.” Purwadita: Jurnal Agama dan Budaya 3, no. 1 (2019): 77–83.

Banga, Berthin Samuati, and Yeni Irawati Roragabar. “Budaya Kerja Dari Perspektif Kristen Dan Implementasinya Dalam Realisasi Dana Otonomi Khusus Di Papua.” VISIO DEI: Jurnal Teologi Kristen 4, no. 2 (2022): 215–231.

Belwawin, Hendrik, and Fransina O Abineno. “Implikasi Pendidikan Keagamaan Terhadap Moderasi Beragama Di SMTK Marturia Sentani Kabupaten Jayapura Tahun 2022.” Populis: Jurnal Sosial dan Humaniora 8, no. 1 (2023): 19–28.

Bu’tu, Dorce, and Riski Tasijawa. “Problematika Kinerja Guru Pak Di Dunia Kerja Studi Kasus Pada Guru Pak Smp Negeri Se-Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura.” Jurnal Pendidikan Indonesia 3, no. 11 (2022): 1042–1054.

Darmadi, Hamid. “Tugas, Peran, Kompetensi, Dan Tanggung Jawab Menjadi Guru Profesional.” Edukasi: Jurnal Pendidikan 13, no. 2 (2015): 161–174.

Greace, Greace. “Korelasi Pengajaran Pak Di SMA Negeri 2 Jayapura Terhadap Pertumbuhan Dan Perkembangan Iman Siswa XII IPA.” Jurnal Pendidikan Indonesia 4, no. 04 (2023): 369–376.

Irawan, I Ketut Angga. “Merajut Nilai-Nilai Kemanusian Melalui Moderasi Beragama.” Prosiding STHD Klaten Jawa Tengah 1, no. 1 (2020): 82–89.

Ismail, Rahmansyah. “Pengaruh Implementasi Budaya Kerja Pegawai Terhadap Peningkatan Kualitas Pelayanan Pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Poso.” Ekomen 20, no. 1 (2020): 28–39.

Jufni, Muhammad, Syifa Saputra, and Azwir. “Kode Etik Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.” Serambi Akademica Jurnal Pendidikan, Sains, Dan Humaniora 8, no. 4 (2020): 575.

Komalasari, Dwi, Susan Febriantina, and Maulana Amirul Adha. “Perilaku Kerja Inovatif Guru SMK Negeri Di Jakarta Pusat.” Seroja: Jurnal Pendidikan 2, no. 3 (2023): 182–194.

Labobar, Julianus, Yakob Godlif Malatuny, Dorce Butu, Santy Layan, and Nurhayati Banga. “Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Dan PTK Terhadap Guru Pendidikan Agama Kristen Di Kecamatan Sentani.” Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat 5, no. 3 (2023): 1173–1180.

Lumbantoruan, Wandri. “Peran Pendidik Kristen Terhadap Dampak New Morality Dari Era Digital.” SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 2, no. 1 (2021): 49–59.

Miyono, Noor, and Endang Widiastuti. “Pengaruh Supervisi Akademik Dan Budaya Sekolah Terhadap Profesionalisme Guru SMP Negeri Di Kabupaten Semarang.” Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP) 10, no. 1 (2021).

Mustafa, M Nur, Hermandra, and Zulhafizh. “Strategi Berinovasi Guru Di Sekolah Menengah Atas.” JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia) 7, no. 3 (2021): 364–376.

Nainggolan, Alon Mandimpu, and Yanice Janis. “Etika Guru Agama Kristen Dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Iman Naradidik.” CARAKA: Jurnal Teologi Biblika dan Praktika 1, no. 2 (2020): 152–163.

Pakpahan, Gilbert, Hier Inthersan Manullang, Goklas Nababan, and Dorlan Naibaho. “Implementasi Kode Etik Guru PAK Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen.” Pediaqu: Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora 2, no. 2 (2023): 11484–11498.

Pane, Akhiril, and Fathinahaya Nailatsani. “Kode Etik Guru Menurut Perspektif Islam.” Forum Paedagogik 13, no. 1 (2022): 24–38.

Poerti, Gloria Tupamahu, and Yonatan Alex Arifianto. “Kode Etik Dalam Perspektif Teologis Sebagai Pedoman Bagi Pendidik Kristen Dalam Melaksanakan Tugas Profesinya.” EULOGIA: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani 3, no. 1 (2023): 31–43.

Prihanto, Joko, Duma Fitri Pakpahan, and Doni Pranata Tarigan. “Peran Kode Etik Untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Kristen.” Journal of Industrial Engineering & Management Research 3, no. 3 (2022): 157–163.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Dan Kualitatif. Bandung: Alfabeta, 2013.

Wicaksono, Vinikke, and Marzul Hidayat. “Analisis Penguasaan Guru Terhadap Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Di Sekolah Dasar: Analysis of Teacher Mastery of Information and Communication Technology (ICT) in Elementary Schools.” Jurnal Pendidikan Tematik DIKDAS 5, no. 1 (2020): 41–51.

Zainuri, Ahmad. “Strategi Penerapan Lima Nilai Budaya Kerja Di Kementerian Agama Menuju Pelayan Prima.” Medina-Te: Jurnal Studi Islam 12, no. 1 (2016): 1–14.




DOI: https://doi.org/10.53674/teleios.v3i2.81

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Markus S. Gainau, Yolanti Wise Pentury

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Address: Jl. Aer Terang No.4, Lingkungan VI, Malalayang Satu Timur, Kec. Malalayang, Kota Manado, Sulawesi Utara

Lisensi Creative Commons
Teleios Journal are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.