Model Pembelajaran Blended Learning: Implementasi pada Peningkatan Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional Dosen
Abstract
Abstract: This article discusses the implementation of blended learning model to improve pedagogical competence and professional competence of lecturers. The formulation of this research problem is how the implementation of blended learning models can improve the pedagogical competence and professional competence of lecturers? The researcher used a qualitative research method with a descriptive approach that involved the participation of lecturers as research subjects. Data were collected through surveys, observations, interviews, and document analysis. The main objective of this research is to investigate the impact of using blended learning model on improving the pedagogical competence and professionalism of lecturers. The application of the blended learning model had a positive impact on the pedagogical competence and professional competence of lecturers. On the improvement of lecturers pedagogical competence, Blended Learning helps lecturers improve their understanding of the learning process, mastery of learning technology and how to prepare effective learning by improving the ability to design interesting and relevant teaching materials, as well as the ability to deliver materials more interactively. The improvement of lecturers professional competence can also be reflected in the promotion of lecturers academic positions, lecturers publications in accredited national and even reputable international journals and extensive community service.
Abstrak: Artikel ini membahas implementasi model pembelajaran blended learning untuk meningkatkan kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional dosen. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana implementasi model pembelajaran blended learning dapat meningkatkan kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional dosen? Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang melibatkan partisipasi dosen sebagai subjek penelitian. Data dikumpulkan melalui survei, observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menginvestigasi dampak penggunaan model pembelajaran blended learning terhadap peningkatan kompetensi pedagogik dan profesionalisme dosen. Dalam penerapan model pembelajaran Blended Learning memberi dampak positif pada kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional dosen. Pada peningkatan kompetensi pedagogik dosen, Blended Learning membantu dosen meningkatkan pemahaman mereka tentang proses pembelajaran, penguasaan teknologi pembelajaran dan bagaimana mempersiapkan pembelajaran yang efektif dengan peningkatan kemampuan merancang bahan ajar yang menarik dan relevan, serta kemampuan menyampaikan materi dengan lebih interaktif. Peningkatan kompetensi profesional dosen dapat tergambar juga pada kenaikan pangkat jabatan akademik dosen, publikasi dosen pada jurnal nasional terakreditas bahkan internasional bereputasi serta pengabdian masyarakat secara luas.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al-Tabany Badar Ibnu Trianto. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif , dan Kontekstual (Triwulan Titik & Trianto Tutik, Eds.). Prenadamedia Group.
Amaliah, L., & Rufaedah, A. A. (2021). PENGGUNAAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN KULIAH DARING TERHADAP SIKAP MENTAL MAHASISWA DAN DOSEN DI ERA COVID-19. PREPOTIF Jurnal Kesehatan Masyarakat, 5(2), 1317–1326.
Amin, R. (2017). Rancang Bangun Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru Pada SMK Budhi Warman 1 Jakarta. Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komputer, 2(2), 113–121. https://doi.org/https://doi.org/10.33480/jitk.v2i2
Batubara, H. S., Riyanda, A. R., Rahmawati, R., Ambiyar, A., & Samala, A. D. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Blended Learning di Masa Pandemi Covid-19: Meta-Analisis. Jurnal Basicedu, 6(3), 4629–4637. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2816
Fadloli, M., Kusumo, E., & Kasmui. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Blended Learning Berbasis Edmodo Untuk Pembelajaran Kimia Yang Efektif. Journal of Chemistry In Education, 8(1), 1–6.
Frimansyah Rizky. (2019). Pengaruh Blended Learning Terhadap Hasil Belajar PAI Peserta Didik X SMAN 8 Bandar Lampung. Universitas Islam Negeri Raden Intan.
Hafni Sahir, S. (2021). Metodologi Penelitian (Koryati Try, Ed.; 1st ed.). PENERBIT KBM INDONESIA. www.penerbitbukumurah.com
ISTIYANI. (2019). SKRIPSI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER UNTUK MENINGKATAKAN KEAKTIGAN BELAJAR IPA PADA PESERTA DIDIK KELAS IV MIN 2 BANDAR LAMPUNG. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Karwono, & Heni Mularsih. (2017). Belajar dan Pembelajaran Serta Pemanfaatan Sumber Belajar. PT Raja Grafindo.
Kusairi, S. (2011). Implementasi Blended Learning.
Lumantow, A. I. S. (2022). Kompetensi Guru Pendidikan Agama Kristen terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Manado. TELEIOS: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 2(1), 52–65. https://doi.org/10.53674/teleios.v2i1.42
Manalu Debora. (2022). MENINGKATKAN E-LEARNING ANTARA DOSEN DAN MAHASISWA MELALUI METODE KONFERENSI VIDEO. Jurnal Pendidikan Rokania, 7(1), 31–48.
Nainggolan M, A. (2020). BLENDED LEARNING SEBAGAI MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DI PENDIDIKAN TINGGI PADA MASA DAN PASCA PANDEMI COVID-19. Jurnal Pendidikan Agama Kristen DIDASKALIA, 1(2), 13–25.
Naniek Kusumawati. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Scramble dengan Media Question Card Terhadap Hasil belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Kertosari II Kabupaten Madiun. Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 4(1), 77–87.
Padja, A. P., Tari, E., Lao, H. A. E., Studi, P., Pendidikan, M., & Kristen, A. (2021). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Menggunakan Model Context, Input, Process, and Product. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 5(2), 138–151. www.journal.univetbantara.ac.id/index.php/komdik
Ranting Hermin, & Jowangkay Lidya. (2022). Implementsi Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Kristen. MANTHANO: Jurnal Pendidikan Kristen, 1(1), 74–84. https://doi.org/https://doi.org/10.55967/manthano.v1i1
Ritonga, M., Syafaruddin, Tolentino, Hasibuan, K., Hasibuan, M., & Hasibuan, S. B. (2022). PENINGKATAN PEMAHAMAN DOSEN TERHADAP STRATEGI PENULISAN DAN PUBLIKASI ARTIKEL. INTEGRITAS: Jurnal Pengabdian, 6(1), 34–44.
Salhuteru, J., Rumahuru, O., Kainama, L., Unitly, M., & Amanukuany, R. (2023). Model-Model Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan DIDAXEI, 4(1), 536–550.
Setyowati, L., & Purwantoro, P. (2020). DETERMINAN YANG MEMPENGARUHI KINERJA DOSEN DALAM PELAKSANAAN TRI DHARMA PERGURUAN TINGGI. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 17(1), 9–14. https://doi.org/10.31849/jieb.v17i1.2596
Setyowati Lilis, Macmuddah Zaky, & Fauza Herma Desy. (2018). Pentingnya Jabatan Fungsional Dosen untuk meningkatkan Karier Dosen. Jurnal Sains Manajemen, 4(1), 12–20.
Siman M, T., Fathaillah, & Aries Muh. (2022). Implementasi Blended Learning Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Berbasis Experiental Learning Pada Siswa Jenjang SMK. Jurnal MediaTIK : Jurnal Media Pendidikan Teknik Informatika Dan Komputer, 5(3), 38–44.
Subarjo. (2023). DESKRIPSI JABATAN FUNGSIONAL DOSEN DI LINGKUNGAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNTAN. MIDA - Majalah Ilmiah Dinamika Administrasi, 20(2), 187–197.
Sudarman. (2015). STRATEGI PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING, SELF-REGULATED LEARNING DAN PEROLEHAN BELAJAR. In H. Abdullah Rose, M. Latif Abdul Syahiran, H. Ahim Haji Rasinah, S. Sabtu, S. Bujang, S. Omar Anom, F. Hamrie, H. Seli, A. Abdullah Jabar, & S. Samad Abdul (Eds.), Prosiding Konferensi Antarabangsa Islam Borneo VIII (KAIB VIII) (pp. 337–340). UNISSA Press.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen (2005).
Wasis D. Dwiyogo. (2018). Pembelajaran Berbasis Blended Learning. Rajawali Pers.
Wawancara Terstruktur Dekan FIPK. (2023). In FIPK, IAKN Manado. Dekan FIPK, IAKN Manado.
Wawancara Terstruktur WADEK II FIPK. (2023). In FIPK, IAKN Manado. WADEK II FIPK IAKN Manado.
Wuwung, O. C., & Tulung, J. M. (2021). Pengembangan model pembelajaran pendidikan agama kristen dan budi pekerti dengan pendekatan blended learning. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 9(3), 271. https://doi.org/10.29210/165700
Zainuddin, Z. (2021). Tinjauan Model Pembelajaran Blended Learning pada Perguruan Tinggi di Era New Normal Covid-19: Kebijakan dan Implementasi. Asia-Pacific Journal of Public Policy, 34–45. https://doi.org/10.52137/apjpp.v7i2.65
DOI: https://doi.org/10.53674/teleios.v4i1.90
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Frimsi Wohon, Anatje Ivone Sherly Lumantow, Ristan Rakim
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Address: Jl. Aer Terang No.4, Lingkungan VI, Malalayang Satu Timur, Kec. Malalayang, Kota Manado, Sulawesi Utara
Email: teleios@stttransformasi-indonesia.ac.id
Teleios Journal are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.