Strategi Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Menerapkan Model Pembelajaran PAKEM
Abstract
Abstract: In the continuity of teaching and learning activities, it is adjusted to the learning model that has been designed by the previous teacher. However, in practice the learning model applied by the teacher remains the same at every meeting so as to create a bored atmosphere for students, students' interest in learning becomes less and there is no forum for students to channel their potential and abilities. Meanwhile, a quality and quality education system depends on learning activities that take place in a challenging and interesting way for students. In response to this, it is necessary to have a variety of classroom management strategies by applying the PAKEM model. This study aims to examine how the strategy of PAK teachers in implementing the PAKEM model. The study used a descriptive qualitative approach with a literature review. Then, the results of this study, that the strategy of PAK teachers in applying the PAKEM model in learning Christian Religious Education can be done by designing learning activities that imitate Jesus' strategy in teaching and also by designing learning activities that involve students as a whole and can encourage students to play an active role. in participating in learning and can give a good impression to students and also to develop the potential in students.
Keyword: PAK Teacher Strategy, PAKEM Model, Christian Religious Education
Abstrak: Dalam keberlangsungan kegiatan belajar mengajar disesuaikan dengan model pembelajaran yang telah di rancang oleh guru sebelumnya. Namun, dalam pelaksanaannya model pembelajaran yang diterapkan oleh guru tetap sama pada setiap pertemuan sehingga menciptakan suasana yang bosan bagi siswa, minat siswa dalam belajar menjadi kurang dan tidak adanya wadah bagi siswa dalam menyalurkan potensi dan kemampuannya. Sementara, sistem pendidikan yang bermutu dan berkualitas tergantung pada kegiatan pembelajaran yang berlangsung dengan menantang dan menarik bagi siswa. Dalam menanggapi hal ini, diperlukan adanya strategi pengelolaan kelas yang bervariasi dengan menerapkan model PAKEM. Penelitian ini bertujuan dalam mengkaji bagaimana strategi guru PAK dalam menerapkan model PAKEM. Penelitian tersebut menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan tinjaun pustaka. Kemudian, hasil dari penelitian ini, bahwa strategi guru PAK dalam menerapkan model PAKEM dalam pembelajaran Pendidikan Agama Kristen dapat dilakukan dengan merancang kegiatan pembelajaran yang meneladani strategi Yesus dalam mengajar dan juga dengan merancang kegiatan pembelajaran yang melibatkan siswa secara utuh serta dapat mendorong siswa untuk berperan aktif dalam mengikuti pembelajaran dan dapat memberi kesan yang baik bagi siswa dan juga untuk mengembangkan potensi-potensi dalam dirinya siswa.
Kata Kunci: Strategi Guru PAK, Model PAKEM, Pendidikan Agama Kristen
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Asmani, Jamal Ma’mur. 7 Tips Aplikasi PAKEM. Yogyakarta: Diva Press, 2011.
Budimansyah, Dasim, Suparlan, and Danny Meirawan. PAKEM. Bandung: PT. Ganesindo, 2008.
Chan, Faizhal, Agung Rimba Kurniawan, Nurmaliza, Novia Herawati, and Rendi Nur. “Strategi Guru Dalam Mengelola Kelas Di Sekolah Dasar.” Jurnal Internasional Of Elementary Education 2, no. 4 (2019): 439–446.
Dr. Sri Wahyuni. Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik,. Jawa Tengah: Anggota IKAPI, 2021.
Josepstalin. Mengajar Dengan Kreatif. Yogyakarta: Andi Ofset, 2008.
Kaban, Raka Hermawan, Dewi Anzelina, Reflina Sinaga, and Patri Janson Silaban. “Pengaruh Model Pembelajaran PAKEM Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5, no. 1 (2021): 102–109.
Kurniawan, D. Pembelajaran Terpadu Tematik. Bandung: Alfabeta, 2014.
Lase, Delipiter, and Etty Destinawati Hulu. “Dimensi Spritualitas Dalam Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Kristen.” SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora dan Kebudayaan 13, no. 1 (2020): 13–25.
Martinus, and Yogi Emjosupa. “Penerapan Metode Pembelajaran PAKEM Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mapel PAK Kelas V SD Negeri 11 Sungai Laur.” Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 13, no. 1 (2022): 75–88.
Mulyasa, E. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif Dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008.
Nome, Nehemia. “Strategi Guru Dalam Menumbuhkan Kepercayaan Diri Peserta Didik.” Phronesis: Jurnal Teologi dan Misi 2, no. 2 (2019): 158–176.
Nuhamara, Daniel. “Pembimbing PAK.” Bandung: Jurnal Info Media (2007).
Nurhasanah, Siti, Agus Jayadi, Rika Sa’dayah, and Syafrimen. Strategi Pembelajaran. Cipayung: Edu Pustaka, 2019.
Rahmat, Pupu Saeful. Strategi Belajar Mengajar. Surabaya: Scopindo Media Pustaka, 2019.
Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2010.
Suka, Plaun. “Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Kristen Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Pakem Pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Serawai Tahun Pelajaran 2018/2019.” Jurnal Penelitian Inovatif 2, no. 1 (2022): 115–132.
Sumarno, Yuel, Apin Militia Christi, Febie Yolla Gracia, Anastasia Runesi, and Hendrik Timadius. “Strategi PAIKEM Terpadu Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Di Era Pandemi Covid-19.” Fidei: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika 4, no. 2 (2021): 226–244.
Suparlan. Mencerdaskan Kehidupan Bangsa, Dari Konsepsi Sampai Implementasi. Jakarta: Grafindo Persada, 2020.
Wiyani, and Novan Ardy. Manajemen Kelas: Teori Dan Aplikasi Untuk Menciptakan Kelas Yang Kondusif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014.
DOI: https://doi.org/10.53674/teleios.v2i1.41
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Email: jurnalteleios@gmail.com
Jl. Aer Terang No.4, Lingkungan VI, Malalayang Satu Timur, Kec. Malalayang, Kota Manado, Sulawesi Utara
Teleios Jurnal are licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International