Kompetensi Guru Pendidikan Agama Kristen terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Manado
Abstract
Abstract: This paper examines how the competence of Christian teachers in increasing student learning motivation. The research locus of The State Junior High School 4 Manado was chosen because of the fact that there are teachers who have not tried to develop their competence in their teaching profession. One of the weaknesses found in teachers is the low level of competence, as a result of which it has an impact on increasing student learning. This paper uses qualitative methods with a literature study and observation approach as a primary source in obtaining data. The results of the review on this topic explain that the competencies that a teacher should have to increase the interest in learning students, starting from having knowledge in pedagogics there is personality competence and spiritual competence. In addition, the supporting elements possessed by the teacher in his competence, he must be able to solve problems in learning, have a good attitude. Teachers are encouraged to increase student motivation, because teachers are a call from God.
Keyword: Teacher Competence, Christian Religious Education, Student Motivation
Abstrak: Tulisan ini mengkaji bagaimana kompetensi guru agama Kristen dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Lokus penelitian Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Manado dipilih karena ditemukan fakta, adanya guru yang belum berusaha mengembangkan kompetensinya terhadap profesi keguruannya. Salah satu kelemahan yang terdapat pada diri guru diantaranya rendahnya tingkat kompetensi, akibatnya berdampak pada peningkatan belajar peserta didik. Tulisan ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kepustakaan dan observasi sebagai sumber primer dalam memperoleh data. Hasil ulasan pada topik ini menerangkan bahwa kompetensi yang seharusnya dimiliki seorang guru untuk meningkatkan minat belajar nara-didik, dimulai dari memiliki ilmu dalam pedagogik adanya kompetensi kepribadian dan kompetensi spiritual. Selain itu unsur pendukung yang dimiliki oleh guru dalam kompetensinya, ia harus mampu memecahkan masalah dalam pembelajaran, memiliki sikap yang baik. Guru dihimbau dapat meningkatkan motivasi siswa, karena guru merupakan panggilan dari Tuhan.
Kata Kunci: Kompetensi Guru, Pendidikan Agama Kristen, Motivasi Siswa
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adhielvra, Gabriela, and Asih Susanti. “Peran Guru Kristen Sebagai Pemegang Otoritas Untuk Meningkatkan Disiplin Siswa Dalam Pembelajaran.” Polyglot: Jurnal Ilmiah (2017).
Angkouw, Semuel Ruddy, and Simon Simon. “Peranan Orang Tua Dalam Pendidikan Agama Kristen Terhadap Pertumbuhan Rohani Anak.” SHAMAYIM: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani 1, no. 1 (2020): 29–44.
Betakore, Yoel. “Menggapai Pengetahuan, Memperoleh Spiritualitas: Urgensi Dwi-Konsep Pengetahuan-Spiritualitas Dalam Pendidikan Agama Kristen.” EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN (2021).
Daniel, Stepanus. “Pentingnya Kajian Teks Dan Konteks Alkitab Oleh Guru Dalam Pembelajaran PAK.” REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 5, no. 1 (2020): 48–57.
Febriana, Rina. Kompetensi Guru. Bumi Aksara, 2021.
Gule, Yosefo. “Pentingnya Kompetensi Sosial Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Meningkatkan Motivasi Siswa Belajar Pendidikan Agama Kristen.” Jurnal Abdiel: Khazanah Pemikiran Teologi, Pendidikan Agama Kristen dan Musik Gereja 5, no. 1 (2021): 89–104.
Hamid, Abd. “Berbagai Metode Mengajar Bagi Guru Dalam Proses Pembelajaran.” Jurnal Penelitian Sosial dan Keagamaan (2019).
Husain, Hernawati, Lena Anjarsari Sembiring, and Simon Simon. “Menerapkan Pola Pendidikan Perjanjian Baru Pada Pendidikan Kristiani Masa Kini.” REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 6, no. 2 (2021).
Laana, Darwis, and Dorce Sondopen. “Keterampilan Guru Pendidikan Agama Kristen Untuk Meningkatkan Minat Belajar Murid Di Kelas.” Excelsis Deo: Jurnal Teologi, Misiologi, dan Pendidikan 2, no. 2 (2018): 27–32.
Lase, Delipiter, and Etty Destinawati Hulu. “Dimensi Spritualitas Dalam Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Kristen.” SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora dan Kebudayaan 13, no. 1 (2020): 13–25.
Lumbantobing, Sonya Iman Lestari. “Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Pembentukan Karakter Kristiani.” Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Krsten (2015).
Mau, Marthen. “Pentingnya Integritas Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membimbing Kepribadian Peserta Didik.” SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 1, no. 2 (2020): 145–161.
Munte, Bangun. “Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Kristen (PAK) Terhadap Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Dunia Pendidikan volume 9 (2016): 126.
Nainggolan, Alon Mandimpu, and Yanice Janis. “Etika Guru Agama Kristen Dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Iman Naradidik.” CARAKA: Jurnal Teologi Biblika dan Praktika (2020).
Panjaitan, Firman. “Tujuan Pembelajaran Dalam Pendidikan Kristen Berdasarkan 2 Timotius 3: 16.” CHARISTHEO: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 1, no. 2 (2022): 134–147.
Pardede, Marioga. “PENGARUH METODE DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN.” JURNAL PENDIDIKAN RELIGIUS 4, no. 1 (2022): 29–42.
Pasaribu, Endang. “Pengelolaan Kelas Guru Pendidikan Agama Kristen.” Jurnal Basicedu (2021).
Rahmawati, Mega, and Edi Suryadi. “Guru Sebagai Fasilitator Dan Efektivitas Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (2019).
Samosir, Rotua. “Guru Pendidikan Agama Kristen Yang Profesional.” Jurnal Pionir LPPM Universitas Asahan 5, no. 3 (August 2019): 64–68.
Sembiring, Lena Anjarsari, and Simon Simon. “Menggagas Pembelajaran Agama Kristen Berbasis Misiologi.” Harati: Jurnal Pendidikan Kristen 2, no. 1 (2022): 32–45.
Setiyowati, Ester Putri, and Yonatan Alex Arifianto. “Hubungan Kompetensi Pedagogik Guru Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan.” SIKIP Jurnal Pendidikan Agama Kristen 1, no. 2 (2020): 78–95.
Situmorang, Ester Lina, and Hendri Hutapea. “Kompetensi Pedagogik Guru Pak Terhadap Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar” (2020).
Sumiati, Sumiati, and Reni Triposa. “Prinsip Guru Pendidikan Agama Kristen Memotivasi Belajar Peserta Didik Dalam Perspektif Alkitab.” Harati: Jurnal Pendidikan Kristen 1, no. 1 (2021): 69–84.
Sumual, Ferry J N, and Franty Faldy Palempung. “Kompetensi Sosial Guru Pendidikan Agama Kristen Dan Motivasi Belajar Siswa.” Jurnal Lentera Nusantara 1, no. 1 (2021): 48–60.
Tabrani, Ahmad, and Ida Destariana Harefa. “Pendidikan Agama Kristen Dan Tuntutan Kualitas SDM Menghadapi Persaingan Masyarakat Global.” EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership (2021).
Tafona’o, Talizaro. “Kepribadian Guru Kristen Dalam Perspektif 1 Timotius 4: 11-16.” Evangelikal: Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat 3 (2019): 62–81.
Telaumbanua, Arozatulo. “Kreativitas Guru Pendidikan Agama Kristen Meningkatkan Prestasi Siswa.” SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 1, no. 2 (2020): 115–129.
———. “Profil Guru Pendidikan Agama Kristen Sebagai Pemimpin Yang Melayai.” JURNAL TERUNA BHAKTI (2020).
Telaumbanua, Augusni Hanna Niwati. “PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI ERA INDUSTRI 4.0.” INSTITUTIO:JURNAL PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN (2020).
Yulianingsih, Dwiati, Lumban Gaol, and Stefanus Marbun. “Keterampilan Guru PAK Untuk Meningkatkan Minat Belajar Murid Dalam Proses Pembelajaran Di Kelas.” FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika 2, no. 1 (2019): 100–119.
DOI: https://doi.org/10.53674/teleios.v2i1.42
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.