Pengaruh Minat Membaca terhadap Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen
Abstract
Abstract: Teachers are one of the determining factors for the success of every educational effort. That is why teachers must create innovations in the curriculum and always improve the abilities of their human resources through continuous learning. Reading is one of the four language skills. Language skills consist of speaking skills, listening skills, writing skills and reading skills. This paper uses kuantiatif method with a literature and wawancaca approach in obtaining data. The purpose of this topic is to find out how the influence of reading through the study of Christianity. Because, based on the existing facts, at SD Negeri Wamena there are some students who are not interested in the subject of Christian Religious Education. Students are more interested in other subjects. This is because the interest in reading by the students in the school has been provided with a library which also has books related to Christian Religious Education. Based on the results of research, Christian Religious Education Teachers are required to be even better and pay special attention to students so that students have a higher interest in reading.
Keyword: Interest in Reading, Christian Religious Education, Learners
Abstrak: Guru merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan setiap upaya pendidikan. Itulah sebabnya guru harus menciptakan inovasi dalam kurikulum serta selalu meningkatkan kemampuan sumber daya manusianya melalui belajar yang terus-menerus. Membaca adalah salah satu dari empat keterampilan berbahasa. Keterampilan berbahasa terdiri dari keterampilan berbicara, keterampilan menyimak, keterampilan menulis dan keterampilan membaca. Tulisan ini menggunakan metode kuanitatif dengan pendekatan literatur dan wawancaca dalam memperoleh data. Tujuan dari topik ini diulas untuk mengetahui bagaimana pengaruh membaca melalui pembelajaran agama Kristen. Sebab, berdasarkan fakta yang ada, di SD Negeri Wamena ada beberapa siswa yang kurang tertarik dengan mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen. Siswa lebih tertarik dengan mata pelajaran yang lain. Hal ini disebabkan karena minat membaca para siswa di sekolah tersebut sudah disediakan satu buah perpustakaan yang juga terdapat buku-buku yang berhubungan dengan Pendidikan Agama Kristen. Berdasarkan hasil penelitian Guru Pendidikan Agama Kristen dituntut agar lebih baik lagi dan lebih memberi perhatian khusus bagi para siswa agar siswa memiliki minat membaca lebih tinggi.
Kata Kunci: Minat Membaca, Pendidikan Agama Kristen, Peserta Didik
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, Saidah. “PEMBINAAN DAN PENGEMBANGAN MINAT BACA ANAK USIA DINI.” SMART KIDS: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini (2019).
Amalia, Nadra, and Alfitriani Siregar. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Literasi Membaca Bahasa Indonesia Yang Berkemajuan.” Prosiding Pekan Seminar Nasional (2018).
Andina, Elga. “Memotivasi Minat Baca.” Majalah Info Singkat Kesejahteraan Sosial (2016).
Groome, Thomas H. Christian Religious Education. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2011.
Husain, Hernawati, Lena Anjarsari Sembiring, and Simon Simon. “Menerapkan Pola Pendidikan Perjanjian Baru Pada Pendidikan Kristiani Masa Kini.” REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 6, no. 2 (2021).
Kasiyun, Suharmono. “UPAYA MENINGKATKAN MINAT BACA SEBAGAI SARANA UNTUK MENCERDASKAN BANGSA.” Jurnal Pena Indonesia (2015).
Kaunang, Rolina Anggereany Ester. “URGENSI KOMPETENSI SOSIAL GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM MENCIPTAKAN PROSES PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF” (n.d.).
Kristanto, Paulus Lilik. “Prinsip Dan Praktek PAK Penuntun Bagi Mahasiswa Teologi Dan PAK, Pelayan Gereja, Guru Agama Dan Keluarga Kristen.” Yogyakarta: Andi Offset (2006).
L. Tarigan. Pendidikan Agama Kristen. Yogyakarta: Taman Pustaka Kristen, 1994.
Legi, Ribka Ester, and Anita Grays Pantow. “Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.” Xairete: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani 1, no. 2 (2022): 131–145.
Mansyuri, M Zainuddin. “Metode Penelitian: Pendekatan Praktis Dan Aflikatif Edisi Revisi.” Bandung. Refika Aditama (2011).
Marampa, Elieser R. “Peran Orangtua Dan Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membentuk Karakter Kerohanian Peserta Didik.” SESAWI: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 2, no. 2 (2021): 100–115.
Nafisah, Aliyatin. “Arti Penting Perpustakaan Bagi Upaya Peningkatan Minat Baca Masyarakat.” Jurnal Perpustakaan Libraria (2014).
Rebecca, Jessica. “MEMBANGUN MINAT BACA ANAK USIA DINI MELALUI PENYEDIAAN BUKU BERGAMBAR.” Institut Agama Kristen Negeri Tarutung (2020).
Sembiring, Lena Anjarsari, and Simon Simon. “Menggagas Pembelajaran Agama Kristen Berbasis Misiologi.” Harati: Jurnal Pendidikan Kristen 2, no. 1 (2022): 32–45.
Siburian, Hendro Hariyanto, and Arif Wicaksono. “Makna Belajar Dalam Perjanjian Lama Dan Implementasinya Bagi PAK Masa Kini.” FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika (2019).
Simbolon, Naeklan. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Peserta Didik.” Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed 1, no. 2 (2014).
Slameto. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Bina Aksara, 1988.
Surakhmad, Winarno. “Pengantar Penelitian Ilmiah: Dasar Metoda Teknik,” 2004.
Susanta, Yohanes Krismantyo. “Tradisi Pendidikan Iman Anak Dalam Perjanjian Lama.” BIA’: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Kontekstual (2019).
Tarigan, Henry Guntur. Membaca. Angkasa., 2008.
Triwiyanto, Teguh. Manajemen Kurikulum Dan Pembelajaran. Bumi Aksara, 2022.
Zaluchu, Sonny Eli. “Metode Penelitian Di Dalam Manuskrip Jurnal Ilmiah Keagamaan.” Jurnal Teologi Berita Hidup 3, no. 2 (2021): 249–266.
Zega, Henilis Yanti, and Talizaro Tafonao. “Kreativitas Mengajar Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di Masa Pandemi.” DIDASKO: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 1, no. 2 (2021): 98–110.
DOI: https://doi.org/10.53674/teleios.v2i1.44
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.